Minggu, 27 Januari 2013

SKK Berkemah


BAB 1

A. Sejarah Berkemah
 Salah satu kegiatan yang merupakan kegiatan besar adalah kemah, entah itu persami, kemah bhakti, ataupun kemah lainnya. Biasanya perkemahan diadakan sebagai penutupan kegiatan selama satu tahun, atau rutinitas lainnya. Materinya pun disesuaikan dengan tingkat kompetensi yang perlu dikuasai. Biasanya merupakan penilaian dari kegiatan yang sudah dilaksanakan selama satu tahun berjalan. Sayangnya, kegiatan perkemahan juga sangat dipengaruhi oleh pengalaman atau jam terbang para sangga kerjanya dan pembinanya. Kualitas kegiatan, nilai-nilai yang ditanamkan, pengaturan jadwal, layout bumi perkemahan, tata administrasi, satuan terpisah, diversifikasi kegiatan dan lain lain
B. Pengertian  Berkemah
Berkemah adalah sebuah kegiatan rekreasi di luar ruangan. Kegiatan ini umumnya dilakukan untuk beristirahat dari ramainya perkotaan, atau dari keramaian secara umum, untuk menikmati keindahan alam. Berkemah biasanya dilakukan dengan menginap di lokasi perkemahan, dengan menggunakan tenda, di bangunan primitif, atau tanpa atap sama sekali.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kemah (kata benda) adalah tempat tinggal darurat, biasanya berupa tenda yang ujungnya hampir menyentuh tanah dibuat dari kain terpal dan sebagainya. perkemahan (kata benda) 1 hal berkemah; 2 himpunan kemah (pramuka, pasukan, dsb); tempat berkemah.

BAB 2
Manfaat Berkemah
·         Membangun keterampilan yang diperlukan untuk menuju dewasa.
·         Meningkatkan pada karakteristik fisik seprti pengawasan terlatih.
·         Meningkatkan keterampilan social.
·         Menekatkan dengan alam.
·         Menambah pegrtahuan


BAB 3
A.    Pengalamanku Berkemah
Kelas 7 yang lalu aku dan teman- teman ku pergi berkemah di bumi perkemahan ambarbinangun. Banyak hal yang kami persiapkan sebelumnya, seperti membuat gapura, pagar, menyewa kendaraan, mempersiapkan peralatn pribadi, membagi tugas saat berkemah nanti dan lain sebagainya. Di perkemahan kami melakukan banyak kegiatan seperti bangun tenda, sosialisasi aparat perkemahan, lomba lomba, jelajah malam, jelajah alam, out bond, danlaion sebagainya. Banyak kegiatan yang membuat senang, tapi tidak sedikit kegiatan yang membuat kami sekelompok berselisih paham, tapi perkemahan ini tetap menyenangkan meskipun melelahkan.

B.     Daerah Perkemahan

C.     Daerah Dapur, Tidur, Rak Piring, dan Rak Sepatu
~ Daerah Dapur                                            
~Daerah Tidur
~ Daerah Rak Piring                          
~Daerah Rak Sepatu

D.    Cara Menjaga Lingkungan 
1. sampah sebaiknya di buang ke tong sampah
2. membersihkan selokan dari sampah-sampah
3. melakukan kegiatan kerja bakti

BAB 4
Langkah dan Cara Mendirikan Tenda
1. Tentukan tenda jenis apa yang kamu perlukan dan perkirakan berapa kapasitas yang dibutuhkan.

2. Cari bahan tenda terpal dengan bahan nylon pada bagian luarnya dan berbahan katun pada bagian dalamnya.3. Usahakan lapisan luar dan dalam tenda mempunyai jarak terpisah yang jauh.4. Carilah tenda yang mempunyai serambi pada bagian muka.5. Carilah tenda yang memiliki dua pintu pada bagian sisinya.6. Gunakan pasak tenda yang ringan dan kuat. Jangan lupa juga pilih tempat sewa tenda atau jual tenda yang menyediakan sesuai kebutuhan Anda.
Alhamdulillah,  dengan mengucap rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmad-Nya, makalah Syarat Kecakapan Khusus Berkemah ini  telah terselesaikan. Yang  mana untuk mendapatkan kelulusan/keberhasilan dalam mengikuti ujian SKK tingkat penggalang.
Demikianlah makalah yang saya buat, semoga makalah ini dapat berguna dengan semestinya. Semoga tugas makalah ini tidak mengecewakan Kakak-Kakak Pembina.
Walaupun ada banyak kesalahan dalam makalah ini, saya sebagai penyusun sudah berusaha dengan sebaik-baiknya. Semua kritik dan saran dari pembina akan saya terima dengan lapang dada.

BAB 5
Gambar – gambar perkemahan

PENUTUP


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar